Saturday, December 8, 2012

Kulit Ayam Goreng Jadi Trend di Amerika


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Kriuk krenyes kulit ayam berlapis tepung yang gurih pasti sering Anda nikmati di restoran cepat saji. Rasa gurih renyahnya memang mengalahkan anggapan bahwa camilan ini berkalori tinggi dan berlemak tinggi. Tak heran jika orang Amerika mulai gandrung camilan ini.

Apa bagian ayam yang paling Anda suka? Paha, dada, sayap atau jeroan? Wah, ternyata hampir semua orang justru memilih bagian kulit ayam. Memang, bagian kulit yang konon paling banyak lemak ini jadi favorit semua orang termasuk orang Amerika.

Lebih spesifik lagi jika kulit ayam ini dilapisi tepung dan digoreng kering renyah. Tak heran jika banyak chef Amerika mulai membuat sajian spesial dari kulit ayam goreng. Seperti chef Drik Flanigan dari Chicago. Menurut Foodbeast, sang chef meracik salad bernama 'Skin Salad'.

Racikan salad ini terdiri dari kulit ayam, kulit babi, kulit salmon yang renyah garing. Disajikan dengan lettuce dan disiram saus horseradish. Tak kalah enak racikan Brandon Boudet yang membuat sajian kulit ayam untuk Tom Bergin's Tavern di Los Angeles. Kulit ayam dibumbui dengan rempah digoreng kering dan disajikan dengan saus blue cheese.

Demikian juga dengan chef du cuisine Boston's Clio yang memakai kulit ayamuntuk isian sandwich yang diberi goat cheese, kucai, tambouri dan acar bawang. Rasa kulit ayam yang renyah gurih kini mulai dilirik sebagai pengganti crouton, keripik, atau tortilla yang mulai dirasa membosankan.

Jika ingin mencicipi kulit ayam goreng tepung, selain di resto cepat saji kini juga banyak dijual dalam kemasan beku. Tinggal goreng hingga kering, makan dengan saus favorit selagi hangat. Nyam..nyam..kriuk renyah gurih!

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment